Batu akik langka dan mahal di indonesia

Batu akik langka dan mahal di indonesia
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Fenomena batu akik saat ini sepertinya semakin lama semakin populer di mata masyarakat Indonesia khususnya dan dunia umumnya. Banyak sekali ragam batu akik mulai dari yang kwalitas biasa saja sampai dengan yang langka hingga memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Penggemar batu akik di Indonesia saat ini tidak hanya di minati oleh kaum laki-laki saja namun para wanita dan ibu-ibu rumah tangga juga banyak yang menyukainya. Mereka berlomba berburu batu akik idamannya.

Semakin langka batu akik maka semakin mahal harganya, semakin unik bentuk dan rupa nya maka semakin banyak peminat yang meliriknya. Saat ini ada beberapa batu akik yang beredar di Indonesia dan memiliki harga lumayan mahal.

Berikut ini beberapa contoh batu akik langka dan mahal yang berada di Indonesia, dan semoga menjadi referensi tersendiri bagi Anda pengemar batu akik.

1. Batu akik topaz.
Batu akik langka dan mahal di indonesia

Batu akik topaz banyak jenis dan ragamnya, sementara saat ini yang sering di ketahui adalah berwarna biru, hijau, jingga, kuning dan kemerahan. Batu akik topaz ini termasuk salah satu jenis batu yang banyak di cari oleh para kolektor batu akik. Beberapa orang juga mempercayai bahwa batu akik topaz memiliki nlai tersendiri bagi pemiliknya. Ada yang mempercayai sebagi penghilang stres atau depresi, serta menjaga keseimbangan kesehatan jiwa dan raga, serta menjaga kinerja otak dan membawa kedamaian batin.

2. Batu safir.
Batu akik langka dan mahal di indonesia

Kebanyakan batu safir di manfaatkan untuk cincin. Batu akik safir ini banyak juga ragamnya seperti Ungu, merah muda, kuning, jingga dan biru. Batu akik safir tidak beda jauh dengan batu akik topaz, beberapa orang juga mempercayai batu akik ini di manfaatkan untuk ketenangan batin dan memancarkan aurora positif tubuh pemiliknya.

Batu akik langka dan mahal di indonesia

Batu akik yang memiliki warna khas hijau ini juga termasuk golongan yang sering di cari oleh mereka pengemar batu akik. batu yang memiliki tingkat kekerasan sekitar 7 mohs ini di percaya oleh sebagian orang sebagai bentuk perlambang kemakmuran atau kedamaian pemiliknya.

Batu akik langka dan mahal di indonesia

Batu akik Opal ini tidak kalah populer dengan tiga batu akik di atas, batu yang banyak di temukan di daerah Banten-Jawa ini juga salah satu jenis batu akik yang sangat populer dan paling banyak di cari oleh penggemar batu akik. Batu yang memiliki ciri memiliki pancaran warna yang banyak ini sangat indah jika di pandang mata, tidak heran jika batu jenis ini memiliki nilai US$ 2.500/ karat.

Batu akik langka dan mahal di indonesia

Batu akik yang satu ini juga banyak di buru pengemar batu akik bukan hanya di Indonesia namun juga di manca negara. Batu akik yang memiliki warna khas ungu ini sangat indah jika di pandang mata. Batu kecubung selain warnanya indah juga di percaya oleh sebagian orang sebagai pembawa keberuntungan.

6. Batu lavender.
Batu akik langka dan mahal di indonesia

Batu akik lavender yang memiliki warna mirip batu kecubung ini juga tidak sembarang batu akik. Batu jenis ini semakin menanjak nilainya saat pernah di adakan kontes dan memenangkannya, jenis batu akik lavender spritus baturaja memang memiliki keindahan yang luar biasa. Batu akik ini konon kabarnya pernah di tawar oleh penggemar batu akik lain dengan nilai Rp.175 juta namun di tolak. Batu akik jenis ini banyak di temukan di daerah Simpang Kec. Oku Sumatra - selatan.

7. Batu Giok.
Batu akik langka dan mahal di indonesia

Batu yang langka dan mahal di Indonesia selanjutnya adalah batu Giok. Batu giok sudah sejak lama di kenal oleh masyarakat Indonesia khususnya etnis Tionghoa, mereka mempercayai bahwa batu giok tidak hanya sebagai keindahan saja namun juga sebagai jimat keberuntungan, ketentraman dan kedamainan bagi pemiliknya. Batu giok yang di dominasi warna hijau ini banyak di manfaatkan sebagai cincin, liontin kalung, gelang dan perhiasan lain.

8. Batu akik Sungai dareh.
Batu akik langka dan mahal di indonesia

Batu akik yang berasal dari daerah Sumatra selatan ini mulai menanjak drajatnya saat pejabat negara (Presiden Susilo Bambang Yudoyono dan Barak Obama) Mengenakan jenis batu ini. Tidak sedikit penghobi batu akik yang memburu jenis batu sungai dareh ini. Batu akik sungai dareh yang dominan warna hijau pecah ini sangat cocok jika di gunakan sebagai cincin, namun tidak menutup kemungkinan untuk perhiasan lain.

Batu akik langka dan mahal di indonesia

Batu ini sudah sangat populer di telinga warga Indonesia dan pengemar batu mulia lainnya. Batu bacan banyak di temukan di daerah Halmahera selatan / Maluku utara tepatnya di pulau bacan. Batu bacan yang sering di cari oleh pemburu batu adalah jenis doko dan palamea.

Batu bacan doko yang cenderung memiliki warna hijau gelap sementara batu bacan palamea berwarna hijau kebiruan. Kedua jenis batu bacan ini memiliki warna yang serupa tapi tak sama, harga yang di bandrol pun juga bervariasi mulai dari ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah.

Itulah beberapa batu akik langka dan mahal di Indonesia, saya yakin masih ada banyak batu langka dan mahal lagi yang lain yang dapat di temukan di sekitar kita, jika pemirsa ingin menambahkannya silahkan di tulis di kolom pembaca.
 

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

2 komentar:

  1. Yang sering terdengar hanya bacan dan kalimaya... mungkin karena batunya mudah ditemukan dan banyak yang jual di pinggir jalan...

    BalasHapus
  2. Betul juga mas Achmad Fazri,,, dan sekarang sudah terlalu banyak model serta jenis batu akik, mungkin hanya keunikkan dan kualitas yang membuat batu akik tersebut memiliki nilai jual yang berbeda...

    BalasHapus