Batu akik safir

Batu akik safir
Batu akik safir
Batu akik safir termasuk jenis batu mulia yang di dominasi oleh warna biru, dengan bentuk dan warnanya yang sangat indah memberikan kesan tersendiri bagi pemakainya, terlihat anggun dan mempesona.

Menurut para peneliti batu mulia, batu safir memiliki kandungan senyawa dengan struktur mineral korundum Alumunium oksida yang termasuk kategori kristal tunggal.

Batu jenis safir ini memiliki tingkat kekerasan yang tinggi antara 8,5 hingga 9 Mohs. Oleh karena itu batu akik safir termasuk jenis batu mulia yang banyak di cari orang.

Selain warna biru ada banyak warna lain seperti merah muda, ungu, kuning, biru, hitam, jingga dan hijau. Warna yang beraneka macam ini di karenakan ada kandungan lain selain senyawa alumunium oksida yaitu titanium, kromium dan juga besi.

Batu akik safir sangat bervariasi dan memiliki nilai jual yang bervariasi pula. Karena keunikan dan keindahan batu akik jenis ini serta harganya yang bisa di bilang mahal maka tidak sedikit orang yang membuat batu safir tiruan atau palsu.

Oleh karena itu bagi Anda yang kebetulan menyukai batu akik safir sebaiknya berhati - hati dan harus teliti terhadap barang yang akan di beli, jika sudah di pastikan itu adalah asli dan cocok dengan harganya Anda bisa langsung nego pada pemiliknya.

Batu akik terdapat di berbagai negara antara lain di Australia, Birma, Srilanka, Thailand, Rusia, Laos, Malawi, Nepal, China, Afganistan, Vietnam, Nigeria, India, dan di Indonesia. Kalau di Indonesia di ketahui jumlahnya terbatas hanya di Pacitan - Jawa timur dan Kalimantan. Meskipun memiliki nama sama namun kekerasan dan keunikan batu tersebut berbeda, sehingga mempengaruhi nilai atau harga jual dari batu akik safir tersebut.

Batu akik safir biru di bagi menjadi tiga yaitu.

1. Safir biru badar mas.
Batu akik safir

Konon batu safir badar mas ini pertama kali di temukan di Birma dengan warna biru agak redup namun jika Anda pecinta batu akik Anda tidak akan bosan - bosan memandangnya. Keindahan batu ini yang menjadi daya tarik tersendiri. Di Indonesia harganya berkisar sekitar Rp.640.000,- per butir.

2. Safir biru Vivid.
Batu akik safir

Batu akik Vivid memiliki warna biru yang indah seperti warna langit yang bersih. Batu safir ini cocok untuk liontin wanita atau cincin karena warnanya yang sangat indah sehingga membuat Anggun pemakainya. 

3. Safir Ceylon Star.
Batu akik safir

Batu akik safir Ceylon Star memiliki harga yang lebih mahal dari batu akik safir badar mas dan Vivid. Harganya sekitar 45 juta sampai dengan 55 juta per butir kecil.   


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar: